GEMPA 17 September 2008 di Indonesia

sumber : kaskus.us

Indonesia Menunggu Datangnya Gempa Dahsyat Lebih Dari 9 SR

Baru saja diberitakan oleh TV CNN pada tanggal 17 September 2008 tentang Datangnya Gempa Dahsyat yang lebih atau sekitar 9 SR disekitar Sumatra Barat. CNN melakukan peninjauan khusus bersama pemburu Gempa dari California Technology Institute. Pemburu gempa ini adalah geoloog dari CalTech yang meneliti semua gempa2 yang muncul di Indonesia terutama yang terakhir ini yang katanya mengakibatkan kerak bumi melipat sehingga menimbulkan gempa sekitar 7 SR lebih baru2 ini.

Akibat dari kerak bumi yang melipat sehingga overlap satu dengan lainnya yang terjadi diwilayah sekitar SumBar, akan memaksa efek balik seperti pegas, karena lipatan ini akan berusaha mengembalikan atau meratakan kerak bumi yang melipat ini seperti ibaratnya pegas yang apabila kita tekuk akan menimbulkan kekuatan yang arahnya sebaliknya dari arah tenaga yang menekuknya untuk kembali ke bentuk semula.

Reaksi balik pegas akan terjadi terhadap kerak bumi yang melipat akibat gempa baru2 ini yang besarnya sekitar 7 SR itu, namun reaksi balik pegas ini akan berakibat gempa yang besarnya lebih dari 7 SR yang diperkirakan sebesar 9 SR atau lebih. Menurut ahli geologi pemburu gempa ini, gempa yang ditunggu itu akan muncul dalam waktu dekat. Tidak ada yang bisa dilakukan selain mengumumkannya kepada masyarakat luas diwilayah SumBar untuk ber-jaga2 datangnya gempa ini yang kemungkinan akan disertai Tsunami. Persiapan mental dibutuhkan masyarakat agar dengan persiapan yang baik maka datangnya gempa tidak akan menimbulkan kepanikan sehingga jatuh korban yang jauh lebih besar. Kapan tepatnya kedatangan gempa dahsyat ini, sang pemburu gempa sendiri tidak bisa memastikan. Namun sang pemburu gempa ini menyatakan akan tetap mengejar gempa dahsyat ini
untuk menyaksikannya sendiri bersama masyarakat.

Kalo benar gempa dahsyat ini benar akan muncul, maka gempa ini adalah
yang terbesar sepanjang sejarah bumi ini, karena gempa yang terjadi
dalam dongeng Sodom dan Gomorah saja hanya berkisar kurang dari 8 SR.
Dengan pemberitahuan ini sang pemburu gempa mengharapkan agar berita ini disebarluaskan sementara katanya pemerintah justru menutupi berita ini untuk mencegah kepanikan. Padahal menurut pemburu gempa ini, berita ini justru harus disebar luaskan sehingga masyarakat bisa mengadakan persiapan yang tidak akan menimbulkan kepanikan.

Semoga rekan2 di Indonesia bisa menyebar luaskan berita ini sehingga
persiapan2 yang diperlukan bisa dilakukan sesuai dengan petunjuk2 para ahli2 gempa dunia.

Drs. Ir. Anton A. Nangoy, MBA

Iklan

4 thoughts on “GEMPA 17 September 2008 di Indonesia

  1. Saya heran dengan artikel seperti ini masih aja kerap muncul di dunia internet. Sebaiknya sebelum di upload, informasinya di crosscheck dulu kebenarannya.:
    1. Belum ada teori maupun alat yang dapat menyimpulkan atau memprediksi kapan terjadinya gempa; Negara-negara maju seperti Jepang, Jerman dan AS sendiri belum mampu memprediksi secara akurat kapan gempa akan tejadi di suatu daerah. Silahkan anda cari dari literatur manapun tidak akan ditemukan teori prediksi gempa secara jelas apalagi akurat!
    2. Informasi kacangan seperti ini sudah beberapa kali muncul di internet dan sumbernya hampir sama, yaitu CNN; Harus dicatat, bahwa CNN adalah hanyalah lembaga jurnalistik biasa yang tidak memiliki kapasitas dalam hal ini. Bisa jadi yang ditampilkan oleh CNN adalah kesalahan dalam mengutip atau memberi kesimpulan dari keterangan para ahli. Hal itu biasa terjadi di dunia jurnalistik.
    3. Konfirmasilah dengan instansi terkait di Indonesia; BMG, Geotek LIPI, BPPT, dan Bakornas PB
    Saya harap kita bisa lebih bijak untuk menyebarkan informasi yang benar dan akurat serta bertanggungjawab. Jangan membuat rakyat Indonesia menjadi resah!, Semoga ini menjadi pelajaran bagi kita semua.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s