Nasihat terbaik dari Ibu yang bijak

Ada nasihat yang menghimpun nasihat nasihat terbaik yang diwariskan wanita wanita Arab. yaitu nasihat Umamah binti Al-Harits kepada puterinya,Ummu iyas binti’Auf, pada malam perkawinannya. nasihat itu antara lain,

“Puteriku, engkau telah berpisah dengan suasana yang engkau tinggalkan, dan berganti dengan rumah yang engkau masuki. Seandainya ada wanita yang tidak butuh suami, karena kedua orang tuanya kaya dan sangat membutuhkan kehadiran puterinya, maka engkau adalah wanita yang paling tidak membutuhkannya. akan tetapi kaum wanita diciptakan untuk kaum pria, dan begitu sebaliknya.

Nasihat yang pertama dan kedua adalah, ” Setialah pada suami dengan cara menerima apa yang diberikannya, dan patuhlah kepadanya.”

Nasihat ketiga dan keempat, ” Periksalah tempat tempat yang menjadi sasaran mata dan hidungnya; jangan sekali kali dia melihat sesuatu yang buruk dari dirimu, dan jangan sekali kali dia mencium dari dirimu selain aroma yang paling wangi.”

Nasihat kelima dan ke enam, ” Waspadalah terhadap waktu tidur dan waktu makannya. sebab, perihnya rasa lapar adalah bara api yang menyala nyala, dan gangguan tidur dapat menyulut amarah.”

Nasihat ketujuh dan kedelapan,”Jagalah hartanya dan rawatlah kehormatan dan keluarganya dngan baik. Kuncinya adalah pandai mengatur keuangan dan mahir merawat keluarga.”

Nasihat kesembilan dan kesepuluh, “Jangan melanggar perintahnya dan membocorkan rahasianya. Sebab, jika engkau melanggar perintahnya berarti engkau membakar amarahnya. dan jika¬† engkau bocorkan rahasianya maka engkau tidak aman dari pengkhianatan,Kemudian jangan sekali kali bergembira di hadapannya ketika dia sedang berduka. dan sebaliknya, jangan sekali kali bermuram durja dihadapannya ketika dia sedang gembira !

About these ads

6 Tanggapan to “Nasihat terbaik dari Ibu yang bijak”

  1. hargailah ibu dan ayahmu selagi mereka ada

  2. @irin : ya..betul..bahagiakanlah keduanya… jika salah satu sudah tidak bersamamu lagi…ga ada lagi arti hidup didunia..terutama ibu.

  3. sungkem

  4. iya betul, kita harus mengabdi kepada mereka berdua.
    saya izin mengcopy tulisannya yach…sebelum n sesudahnya makasih.

  5. deditho chodoix Berkata

    nasehat sekecil apapun bgt brmanfaat

  6. sepertinya tidak sulit untuk dijalankan tapi dalam prakteknya sangat sulit sekali kadang godaan terus membuntuti…dan menampakanya dihadapanku dan selalu saja ada perasaan ingin menentang karena merasa di perbudak atau di mamfaatkan …” semoga sy bs menjalankan itu semua dan mendapatklan ridho Illahi agar bisa menjadi wanita sholehah” amin”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: